Monday, April 09, 2012

Inggris VS Indonesia

Pasca proklamasi 17 agustus 1945 ,tentara sekutu yang menang perang mengutus tentara inggris ke indonesia di bawah pimpinan rear admiral peterson. tugasnya menjaga ketertiban dan keamanan umum sambil menunggu kedatangan tentara belanda dari australia yang akan kembali ke indonesia. rear admiral peterson kemudian digantikan oleh jendral sir philip christtison pada september 1945.

jendral christison mengakui secara de facto bahwa soekarno menguasai jawa , sumatera dan madura. Ia pun meminta kepada dunia untuk tidak menganggap soekarno - hatta sebagai penjahat perang melainkan seorang pejuang yang membela tanah airnya indonesia.
meski begitu tentara inggris dan indonesia nyaris saja saling tembak dan itu hanya gara gara keisengan.

Di halaman depan asrama kepolisian indonesia yang letaknya tepat di depan pos penjagaan rumah kediaman bung karno , terdapat sebatang pohon mangga yang besar dan megah , daunnya lebat , pohonnya tinggi , buahnya jarang.
buah mangga yang matang terkadang jatuh karena digigit codot pada malam hari. dan biasanya jika ada buah jatuh maka para anggota polisi yang berada di asrama dan petugas jaga di rumah bung karno akan berlari berebut mengambilnya , karena letaknya cukup dekat dengan pos penjagaan.
jika ada suara kresek kresek dan diakhiri dengan suara BLUGG!!! , maka mereka semua akan "siap siaga" dan "waspada".

suatu malam , seorang anggota polisi bernama didi kardi hidayat muncul isengnya , ia mengambil batu dan melemparkannya ke arah pohon mangga sehingga memberi kesan ada buah mangga yang jatuh.
Beberapa petugas jaga yang sedang istirahat segera berlari menyebrang jalan pegangsaan timur menuju pohon mangga sambil tetap membawa senjata mereka.
ternyata tak jauh dari sana , satu regu patroli tentara inggris sedang melintasi jalan pegangsaan timur . tentara inggris itu terkejut dan curiga saat melihat beberapa orang berlari sambil membawa senjata, karena itu mereka pun segera bertiarap di pinggir jalan sambil siaga siap tempur.
cukup lama tentara inggris itu tiarap namun tak ada perkembangan selanjutnya , tak ada lagi gerakan apalagi suara tembakan. akhirnya khawatir ada jebakan mereka balik arah kembali ke markas.

pagi harinya sepasukan tentara inggris datang dan langsung mengepung asrama kepolisian dan membuat kaget juga tegang anggota kepolisian indonesia. komandan tentara inggris mempertanyakan insiden semalam , saat patroli mereka merasa dihadang dan akan diserang orang bersenjata dari asrama ini.
untung saja setelah pimpinan masing masing turun tangan dan mencari tahu masalah sebenarnya , peristiwa ini dapat diselesaikan dengan damai tanpa insiden apapun.

SUMBER : KESAKSIAN BUNG KARNO , 1945 -1967
 
Blogger Templates